sejarah babad tanah jowo versi ''syeh syubakir''

by DUNGWALOH on 03:42 PM, 02-Apr-12

Category: sejarah

rajah2.jpg ADA satu kisah menarik dalam petilan “Babad Tanah Jawa”. Meskipun kisah ini merupakan petilan. Namun intisari yang tertanam di dalamnya, ternyata tetap masih aktual di saat ini sekali pun. Ketika itu, datanglah para ulama dari “Sebrang Lautan” (Mesir) ke Tanah Jawa. Tujuan para ulama utusan Sultan Mesir itu adalah untuk menyebarkan agama Islam, yang menurut laporan masih banyak penduduk Jawa yang kafir. Para ulama itu dipimpin seorang Syeh yang bernama Syech Subakir Sebelum Syech Subakir datang, telah beberapa kali ulama pendahulunya menginjakan kakinya di Tanah Jawa. Namun, setiap kali mereka datang, selalu gagal menyebarkan agama Islam. Mengapa? Pertanyaan itulah yang berada di benak Syech Subakir. Dan tidak berapa lama setelah sampai ke Tanah Jawa, Syech asal Persia (Iran) itu berhasil mendapatkan jawaban dari pertanyaannya tersebut. Ternyata, seluruh Tanah Jawa dari ujung Timur sampai ke Barat di jaga oleh bangsa jin yang dipimpin Sabdo Palon. Kegagalan para ulama sebelumnya adalah karena ulah mereka, para jin kafir yang tidak mau masuk Islam dan menentang Islam berkembang di Tanah Jawa. Untungnya, Syech Subakir menguasai ilmu tentang makhluk halus, sehingga dia dan para ulama yang dipimpinnya berhasil mengetahui keberadaan para jin tersebut. Dalam wujud kasarnya, para mahluk halus itu ada yang berujud ombak yang besar yang mampu menenggelamkan kapal berikut penumpangnya. Juga angin puting beliung, dan sebagainya yang mampu memporak- porandakan apa saja yang ada dihadapannya, termasuk menjelma menjadi hewan buas, harimau, ular dan sebangsanya. Perubahan bentuk dan ujud itulah yang selama ini diduga mencelakakan para ulama yang bermaksud menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Maka kemudian terjadilah pertempuran yang dasyat antara para jin pimpinan Sabdo Palon dengan pasukan ulama pimpinan Syech Subakir. Konon, pertempuran itu terjadi selama berhasi- hari, tanpa ketahuan siapa yang bakal memenangkannya. Karena melihat situasi yang tidak menguntungkan, maka Sabdo Palon mengajukan usulan gencatan senjata. Syech Subakir yang melihat itu sebuah peluang, menerima ajakan Sabdo Palon. Maka terjadilah kesepakatan antara keduanya. Isi kesepakatan antara lain, Sabdo Palon memberi kesempatan kepada Syech Subakir beserta para ulama untuk menyebarkan Islam di Tanah Jawa, tetapi tidak boleh dengan cara paksaan atau memaksa. Kemudian Sabdo Palon juga memberi kesempatan kepada orang Islam untuk berkuasa di Tanah Jawa—Raja-raja Islam—namun dengan catatan. Para Raja Islam itu silahkan berkuasa, namun jangan sampai meninggalkan adapt istiadat dan budaya yang ada. Silahkan kembangkan ajaran Islam sesuai dengan kitab yang dakuinya, tetapi biarlah adapt dan budaya berkembang sedemikian rupa. Dan yang terpenting, jadi pemimpin janganlah terlalu lurus, namun juga jangan terlampau bengkok. Hal ini sempat dipertanyakan Syech Subakir kepada Sabdo Palon, mengapa seorang pemimpin tidak boleh benar-benar lurus. Dijawab Sabdo Palon, karena pemimpin itu menjadi pimpinan semua orang. Dan orang tidak semuanya lurus, pasti banyak pula yang bengkok. Lha, orang yang bengkok-bengkok itu akan ikut siapa, bila pemimpinnya lurus?

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

16 responses to "sejarah babad tanah jowo versi ''syeh syubakir''"

ARISAN [03:46 PM, 02-Apr-12]

langsung di amankan...

Thnk mas brooo...

Aldy™ [04:22 PM, 02-Apr-12]

Kontes referral berhadiah smartphone ...
Silahkan Daftar di http://goo.gl/uSzkf (gratis !!)

Berlangsung sejak tanggal 16 Maret 2012 sampai dengan tanggal 30 April
2012

Pemenang kontes ialah siapa yang mengajak referral paling banyak ...

Hadiahnya :
¤Urutan 1. Smartphone Android Samsung Galaxy Young
¤ Urutan 2. Apple iPod Nano Multi-touch 8 GB Urutan
¤3. Modem Smartfren EVDO + Gratis Internet 1 Bulan
¤Urutan 4-5. Pulsa Rp. 100.000,-
¤Urutan 6-7. Pulsa Rp. 50.000,-
¤Urutan8-11. Pulsa Rp. 25.000,- ¤Urutan 12-17. Kaos NGONOO

info lebih lanjut:
arrowhttp://cherbond.mywapblog.com/kontes-referral-berhadiah-dari-ngonoo.xhtml
arrowwww.aldy.tk

Follow my twitter:
arrow @AldyGon

Selamat mengikuti kontes ᓣ
Moga menang ya smile

Gaplek [08:42 AM, 04-Apr-12]

orang yg bengkok ya diluruskan kang,, hehe,,

Arief Gunawan Hino RG [08:50 PM, 04-Apr-12]

Mantap Kisahnya!
di tunggu kunbalnya??

Re: [08:31 AM, 05-Apr-12]

freelance writer

Dopleek Hollow [09:59 AM, 05-Apr-12]

hadir aja ah kang ,mampir juga kang dopleek.com/skin-next-cute-peace-240x320.xhtml

Sarilah [08:54 AM, 07-Apr-12]

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

ijin baca artikel nya kang.smile

dharmawan newbie [09:44 AM, 07-Apr-12]

nyimak aja kang...

dharmawan newbie [09:44 AM, 07-Apr-12]

nyimak aja kang...

Rz-Movies [08:11 PM, 07-Apr-12]

nice post . . biggrin
kya'a kunjngn perdna ane nh gan dimari , ane follow iah klu ada wktu ditunggu follbacknya , mari qta brkwan . . smile

WrZaOVdZ [12:48 PM, 15-Jul-12]

ketika dia sudah meaarcannken sesuatu yang bakal ‘pasti’ dari kacamata manusia itu, dia justru makin resah, makin ‘ilfil’ katanya, merasa ga jelas dan rasa tak percaya bahwa sebentar lagi statusnya akan berbeda yah kayaknya semua wanita akan merasakan hal itu,, dan bukan hanya wanita, laki2 pun akan merasakan hal yang sama, aku menyebutnya sebagai usaha maksimum dari syaitan untuk menggagalkan manusia menjalankan perintah ALLAH, dan itu dialami juga oleh aku dan mantan pacarku (istriku) ..

Sholikin. Spd [12:43 PM, 09-Sep-12]

Kalau Syeh subakir Ahli tumbal tanah itu aku percaya tapi kalau yang mbabat tanah jawa aku cuma ketawa aja,karena wali songo itu dan sampai sekarang kalau menjadikan otak atik gatuk matuk tu pakarnya orang islam itu tu,jadi sedikitpun aku tidak percaya walaupun buku kitabnya tua dan kuno.aku tidak percaya itu budi akalan sunan giri aja kok bingung.

yudi anak pesantren [10:17 AM, 11-Oct-12]

untuk solikin
kalau anda kagak percaya ente bisa ke makam nya

pikir dulu sebelum koment

chabibi [03:37 AM, 23-Dec-12]

kita percaya saja selagi tidak bertentangan dengan syariat islam
kita ambil sisi baiknya saja

ibel niem [12:08 AM, 28-Mar-13]

Yg penting di balik semua sejarah manusia itu mengandung hikmah. Syekh subakir, dan wali songo adalah para ulama yg punya jasa besar, yg menyebarkan agama islam di tanah jawa. Bahkan, kemungkinan dari pembaca blog ini tentu tidak ada yang tau kalo ada ulama yg lebih dulu datang ke tanah jawa. Beliau adalah syech muhyiddin yg meninggal tahun 214 H, yg kini makamnya bisa dijumpai di daerah pegunungan the di batang.
Wallohu a'lam....

setiyo wibowo [04:48 PM, 17-Jul-13]

Kunjungan SOre kawan , Selamat berpuasa ya jika kamu menjalankannya.

Postingannya bagus banget . Semoga postinganku juga sama seperti itu.


TOLONG KUNBAL YA


TOLONG RATING BLOGKU YA 100% ,AKU RATBACK



TOLONG FOLLOW BLOGKU YA 100% AKU FOLLBACK


''Puasa Tidak Boleh Bohong''


http://setiyo11.heck.in/anekahosting-com-web-hosting-murah-terba.xhtml


Anekahosting.com Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images